Bonsai Fosil

Bonsai Fosil bagi para penghobi memiliki makna yang beragam. Ada penghobi yang memaknai bonsai fosil sebagai bonsai yang bahan nya sudah berumur puluhan atau ratusan tahun, ada pula penghobi yang memaknai bonsai fosil sebagai bonsai yang memiliki bentuk mirip seperti fosil yang memiliki banyak bekas dimakan rayap. 

bonsai fosil

yang jelas apapun itu makna nya bonsai fosil haruslah tetap identik dengan karakter bonsai yaitu artistik dan memiliki nilai seni. Untuk saya pribadi mungkin agak sulit untuk mendapatkan bahan yang sudah berumur puluhan atau ratusan tahun sehingga saya lebih memilih tipe bonsai biasa tetapi memiliki kesan tua atau seolah-olah sudah berumur ratusan tahun.

Untuk mendapatkan tipikal bonsai seperti yang saya sebutkan, kita bisa memilih bahan jenis bonsai yang memang aslinya memiliki karakter tersebut. Bahan bonsai seperti cantigi, putri pasir dan kaliage pada dasarnya memang memiliki karakter batang yang terlihat sangat tua. Jika kita bisa mendapatkan bahan bonsai tersebut sekaligus ada kroak (bahasa jawa dari bekas dimakan rayap), bahan tersebut bisa kita buat menjadi bonsai fosil.

Cara membuat bonsai fosil
1. Pemilihan bahan bonsai fosil
Saat hunting bonsai, perhatikan bentuk batang dan akar. Pilihlah bahan bonsai yang memiliki kroak atau bekas dimakan rayap. hal ini dilakukan agar bonsai terlihat seperti fosil. perhatikan juga ke unikan dari bahan bonsai yang kita pilih. semakin unik dan artistik semakin bagus.
2. Proses tanam 
Tanamlah bahan bonsai yang telah kita ambil, tunggu hingga ada tunas yang mulai tumbuh sepanjang 3-4 cm bonsai.

3. Pemindahan ke pot
Setelah tunas tumbuh sepanjang 3-4 cm bahan bonsai fosil langsung dipindahkan ke pot. hal ini bertujuan agar daun yang tumbuh tidak terlalu banyak. Kesan bonsai fosil yang harus di tonjolkan adalah bonsai harus benar-benar mirip seperti fosil tumbuhan yang hidup ratusan tahun.Kroak yang artististik, daunnya sedikit, akar nya bolong-bolong. wah pas deh........mirip sekali dengan fosil. jika ditambah dengan style batang yang unik akan terlihat semakin eksotis. mantabbbbb



Semoga bermanfaat ya.
lihat artikel lainnya:
1. bonsai mini
2. bonsai kawista
3. pot bonsai

0 komentar:

Post a Comment