Bonsai Mini


Bonsai Mini atau yang lazim di sebut bonsai mame adalah salah satu tipe bonsai dengan ukuran yang sangat kecil. Dalam kelas-kelas kompetisi tertentu biasanya ukuran bonsai mini memiliki ketinggian maksimal 0-15 cm. Karena bonsainya mini secara otomatis pot nya juga mini. Tetapi jangan salah sob..meskipun ukurannya mini tetapi harga jualnya tidaklah mini, dari segi harga bahkan bisa dibilang bonsai mini memiliki harga jual yang lebih tinggi ketimbang bonsai dengan ukuran yang biasa.


Dari sejarahnya, memang bonsai mini atau mame bisa dibuat dari bibitan maupun bakalan. Namun saat ini, hampir sebagian besar jenis mame merupakan produk stek dari bonsai yang berukuran lebih besar, bukan dari bibit. Selain lebih mudah, cangkok sudah mempunyai gerakan dasar dari indukan.
Langkah ini banyak dilakukan oleh penghobi bonsai yang mempunyai banyak koleksi dan terus melakukan kreasi. Di situ, dalam melakukan perombakan bonsai pasti ada 1-2 cabang atau ranting yang harus dipotong untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara membuat bonsai mini
Untuk membuat bonsai dengan stek, Caranya tidak sulit dan tidak lama, tinggal melihat bagian mana yang hendak dipotong. Setelah mendapatkan posisi yang tepat, tinggal menumbuhkan akar dengan membungkus media tanam. Setelah muncul akar, tinggal dipotong dan dimasukkan dalam pot yang mempunyai ukuran seimbang.
“Memang mudah, tapi hasilnya belum tentu bagus,” Karena potongan yang diambil bisa disebut sebagai limbah dari bonsai ukuran besar yang tak diinginkan, jadi bentuknya bisa beragam.

Di situ, perlakuan yang dilakukan juga berbeda. Seperti halnya membentuk bonsai baru, maka hasil stek dianggap sebagai bakalan yang bisa baik dan bisa juga jelek.

Memang dilihat dari bentuknya, bonsai mame mempunyai keunikan lebih. Sebab dengan ukuran kecil, tapi sudah memperlihatkan karakter bonsai. Salah satunya ketuaan batang, dimensi, dan arah gerak batang serta cabangnya. Hampir semua jenis tanaman bisa diolah jadi bonsai kelas mame.
Secara struktur, tanaman kecil memang menawarkan satu bentuk yang lucu dan menggemaskan.

Kesulitan membuat bonsai mini
Dalam membuat bonsai mini, kesulitan terberat adalah posisi untuk menentukan keseimbangan atau keharmonisan bentuk bonsai. Walaupun bentuknya mini tetapi secara utuh karakteristik bonsai haruslah muncul, inilah yang paling sulit. Yang banyak terjadi adalah para penghobi tidak membuat bonsai mini tetapi yang dibuat adalah ranting tumbuhan yang di letakan di pot kecil. Masalah lainnya yang sering terjadi adalah daya eksotis nya kadang-kadang hilang karna ukurannya yang terlalu kecil.

Bonsai mini merupakan karya seni tinggi. Meskipun bentuknya kecil tetapi keharmonisan antar akar, batang,daun,bunga dan buah haruslah seimbang. Sehingga terbentuklah karakter bonsai yang sesungguhnya.






0 komentar:

Post a Comment