Cara agar batang bakalan bonsai tidak mati

Dari berbagai kondisi perawatan bonsai bakalan, ada satu hal yang sering sekali menjadi masalah. Dan hal ini ternyata mempengaruhi kehidupan bonsai bakalan yang kita pelihara ke depannya. Masalah tersebut adalah matinya batang bakalan bonsai yang di awali di bagian ujung batang kemudian lama-kelamaan menjalar sampai ke pangkal batang dan pada akhirnya bakalan bonsai mati. Kasus lainnya yaitu meskipun masalah tersebut tidak mengakibatkan kematian pada bakalan tetapi menjalar hingga ke tunas-tunas yang baru tumbuh. Sehingga bakalan bonsai yang seharusnya menjadi bonsai berkelas, mau tidak mau harus berkurang nilainya.

Terkait dengan hal tersebut, penulis akan share sedikit tips untuk teman-teman sesama penghobi untuk mengatasi masalah tersebut. 

1. Mengkondisikan posisi tanam bakalan bonsai
Posisi tanam ternyata berpengaruh besar terhadap mati nya batang bakalan bonsai. so...bagi teman-teman sebaiknya memilih posisi tanam yang pas dan tepat bagi bakalan bonsai. Pilihlah tempat yang rindang dan agak lembab tetapi mendapat sinar matahari pagi yang cukup. kesalahan yang sering terjadi adalah posisi tanam bakalan bonsai di letakkan pada tempat yang terlalu panas karena mendapatkan sinar matahari terlalu menyengat. Keadaan bakalan bonsai yang belum tumbuh dengan stabil menjadi kering akibat porsi sinar matahari yang terlalu berlebihan. biasanya hal ini ditandai dengan mengering nya bagian ujung bakalan bonsai, kemudian menjalar hingga pangkal batang.

2. Siasat potong lebih
Pada proses pemotongan  batang, sebaiknya jangan memotong bakalan terlalu full press body. lebihkan sedikit dari ukuran sebenarnya sebagai cadangan, sehingga jika terjadi pengeringan di ujung batang bisa langsung kita potong. Biasanya batang mengering dari ujung nya sekitar 5-15 cm. 

3. Membungkus batang
Jika bahan bakalan bonsai yang kita dapat memang minim, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan membungkus ujung-ujung batang dengan plastik. Hal ini kita lakukan untuk mengurangi tingkat penguapan dan kekeringan pada ujung-ujung batang bakalan bonsai. Dengan di bungkus plastik maka ujung batang lebih lembab dan terhindar dari porsi sinar matahari yang berlebihan. Bagi yang menggunakan cara ini sebaiknya ikatan pada bungkus plastik di buat agak renggang, hal ini kita lakukan agar ujung bonsai mendapatkan sirkulasi udara yang cukup.

cara agar bakalan bonsai tidak mati

4. Kenali jenis bakalan bonsai dengan baik
Berbeda jenisnya tentu berbeda juga perawatannya. Dengan memahami jenis bakalan bonsai yang kita rawat tentu akan membuat kita semakin memahami karakter bakalan bonsai tersebut. Beberapa jenis bakalan bonsai ada yang menuntut tingkat kelembaban yang tinggi tetapi ada beberapa jenis yang sama sekali tidak berpengaruh dengan hal tersebut.

Comments

Popular Posts