Cara memperbesar bonggol adenium dengan pasta gigi

Kembang adenium atau yang lazim disebut sebagai kamboja jepang memang termasuk salah satu tanaman hias yang unik. Bentuk bonggol serta warna-warni bunga adenium menjadi faktor utama keindahan tanaman ini. Ketika era tanaman hias sedang booming di indonesia, jenis adenium sempat menjadi primadona tanaman hias. Bahkan tanaman ini sempat di budidayakan secara besar-besaran oleh para pengusaha tanaman hias. Meskipun era trend nya sudah berkurang tetapi jenis tanaman ini masih bisa kita jumpai di halaman-halaman rumah.

adenium bonggol besar


Daya adaptasi serta keindahan adenium membuat tanaman ini bisa survive hingga hari ini. Terutama warna-warni bunga nya ketika mekar, rasanya sulit untuk menyingkirkan nya begitu saja. Nah, bagi sobat-sobat sekalian pecinta tanaman hias, ada sedikitp tips nieh untuk membuat adenium sobat agar terlihat semakin indah. Terutama pada bagian bonggolnya, dengan tampilan bonggol yang besar atau kepang akar yang eksotis tentu akan menambah keindahan adenium.

adenium akar besar

Cara memperbesar bonggol adenium
1. Siapkan bahan adenium yang sehat, biasanya ukuran diameter bonggol sudah memasuki 10 cm
2. Angkat lah bahan adenium dari potnya, lakukan dengan perlahan-lahan dengan hati-hati.
3. Potong bagian bonggol tepat di bagian terbesar
4. oleskan pasta gigi pada bagian bekas potongan tersebut dan diamkan selama 10 menit
5. Setelah itu beri obat perangsang akar atau torron F
6. Tanam kembali tanaman adenium sobat.

Agar hasilnya maksimal, sebisa mungkin untuk mengubah media tanam adenium. Yaitu tanah kompos yang dikombinasi dengan sekam padi sebagai media tanam. Dengan perawatan yang maksimal tentu adenium sobat akan terlihat semakin indah. Sobat juga bisa menggunakan pot-pot besar sedari dini agar ketika bonggol nya membesar, sobat tidak perlu pusing memindahkan ke pot yang besar. Jika sobat agak ragu dengan penggunaan pasta gigi, sobat juga bisa menggantinya dengan kapur sirih. Untuk sobat-sobat yang masih pemula atau masih agak ragu, sobat bisa eksperimen terlebih dahulu dengan adenium yang biasa. Setelah sobat paham dan yakin, barulah sobat terapkan cara tersebut ke adenium kesayangan sobat.


1 comment: