Cara Membuat bonsai mini dari bahan alam

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang membuat bonsai mini dengan tehnik stek. Kali ini kita akan membahas cara membuat bonsai mini dengan bahan yang berasal dari alam liar. Dalam hal ini tentu saja bakalan bonsai didapat dengan cara hunting di alam, hanya saja memang cukup sulit untuk mendapatkan bakalan yang sesuai. Kadang kala bagi penghobi yang baru biasanya cukup sulit untuk mendapatkan hasil alias nihil.Tetapi bagi penghobi bonsai yang suka hunting alias sudah biasa berburu tentu bukanlah masalah. 

Nah, untuk rekan-rekan yang ingin membuat bonsai mini dari alam, mungkin beberapa cara dibawah ini akan membantu rekan-rekan dalam mendapatkan hasil yang maksimal.

cara membuat bonsai mini

1. Kondisi lokasi berburu
Bagi rekan-rekan yang ingin mencoba hunting bakalan bonsai mini cobalah untuk fokus pada lokasi-lokasi yang terdapat banyak batuan dengan kontur lokasi tanah miring. Mengapa demikian?lokasi bebatuan biasanya banyak bakalan bonsai yang secara alami memang tumbuh secara kerdil. apalagi jika ada bebatuan yang diatasnya ada tumpukan tanahnya, biasanya di tempat tersebut ada tumbuhan yang bisa kita jadikan bakalan bonsai. Sedangkan untuk lokasi-lokasi yang tanah nya miring, fokus pencarian bisa di tekankan pada posisi yang di aliri air. di tempat-tempat seperti itu biasanya tanahnya terkikis oleh aliran air, sehingga tumbuhan-tumbuhan di sekitarnya, tumbuh secara tidak normal. Jika kita beruntung kita bisa mendapatkan bakalan bonsai mini sekaligus dengan gaya akar yang unik.

2. Posisi bakalan bonsai terbalik
Jika kita cermati, ternyata ada beberapa jenis tumbuhan yang bisa di tanam secara terbalik. Akar di jadikan batang sedangkan pangkal batang dijadikan akar. Nah, bila sobat tahu tuh jenis bahan, sobat bisa mencarinya di alam untuk kemudian dijadikan bahan bonsai mini. Khusus untuk tehnik ini sobat tanamnya dengan posisi terbalik, so....akar yang pendek, besar dan unik dibalik menjadi batang. jadi deh.....bonsai mini.

3. Jangan terlalu fokus pada yang mini saja
Ternyata sob...untuk hunting bonsai mini, tidak mesti bahan yang kita cari harus mini. Dari bakalan bonsai yang besar-besar pun ternyata kita bisa membuat bonsai mini. Contohnya ketika kita mendapatkan bakalan bonsai besar, coba deh sobat perhatikan di sekitar batang dari bakalan bonsai tersebut. Kadangkala ada bagian tertentu yang bisa kita potong untuk dijadikan bonsai mini. Biasanya sih di pangkal batangnya atau di samping-sampingnya. Nah...kalo ada, kebetulan tuh, bisa kita potong terus di modifikasi sedikit dan...jadi deh bonsai mini nya. jadi sekali jalan, bonsai besar dapat bonsai mini juga dapat. 

selamat ber hunting ria ya



Comments

Popular Posts