Kolaborasi antara Bonsai dan seni suseki

kali ini penulis akan share tentang kolaborasi antara bonsai dan seni suseki. Seperti yang kita tahu bahwa kelebihan bonsai terletak pada nilai seni yang terkandung di dalamya. Bentuk batang yang eksotis, daun yang serasi dan style yang unik tentu menambah bobot penampilan dari bonsai itu sendiri. 
kolaborasi antara bonsai dan seni suseki

dari sekian banyak eksplorasi yang penulis lakukan sendiri pada kenyataan nya bonsai juga bisa dikolaborasikan dengan seni suseki sebagai penambah nilai penampilan eksotisnya sebuah bonsai. terlebih untuk bonsai yang memang khusus di display di satu lokasi, baik itu di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Namun sebelum kita bahas lebih jauh, mari kita tilik terlebih dahulu pemahaman tentang seni suseki itu sendiri.


Seni suseki merupakan hobi atau ketertarikan seseorang terhadap bentuk-bentuk nyata yang terdapat pada sebuah batu. Simpel nya hobi ini adalah tentang batu yang memiliki bentuk, baik itu berupa hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia, benda mati ataupun batu-batu yang secara alami terbentuk oleh alam tetapi memiliki bentuk yang unik. 

Nah, jadi yang saya maksud disini adalah bonsai yang selama ini kita display secara monoton, kini bisa kita kolaborasikan dengan seni suseki ini. Bentuk-bentuk batu suseki seperti bentuk gunung, Bentuk hewan ataupun bentuk unik lainnya akan menambah penampilan bonsai sehingga terlihat indah dan tidak monoton.

Selain itu kolaborasi antara bonsai dan suseki ini akan membuat tampilan bonsai menjadi terlihat lebih alami karena di dampingi oleh unsur alam yaitu batu. Untuk batu yang memiliki bentuk seperti gunung, kita bisa mengkolaborasikannya dengan cara menempatkan batu tersebut sebagai background sebuah bonsai, sehingga kesannya bonsai tersebut benar - benar hidup. Sedangkan Bonsai yang memiliki style unik bisa langsung kita terapkan dalam satu pot bersama suseki pilihan kita untuk menutupi kekurangan pada bonsai yang kita miliki.

Untuk tampilan di dalam ruangan, kolaborasi antara bonsai dan suseki akan melahirkan suasana sejuk didalam ruangan. yang terpenting adalah kesesuaian antara luas ruangan dan bonsai serta suseki yang kita pajang. Jangan sampai terkesan memaksakan sehingga hasilnya menjadi kurang memuaskan. 

Jenis-jenis bonsai seperti bonsai asam, bonsai kawista dan cemara udang merupakan jenis bonsai yang cocok dengan tipe suseki apapun. Namun semua tergantung daya seni yang anda punya, ya silahkan dicoba-coba aja sendiri. Dengan banyak mencoba tentu anda akan semakin mahir dalam mengkolaborasikan nya.

semoga bermanfaat ya.


0 komentar:

Post a Comment