Anggrek bulan


Bicara soal angrek sebenarnya adalah hobi ibu-ibu (wanita), tapi terserah lah. Yang jelas ketika saya melihat angrek bulan di gerai penjual tanaman hias. Saya langsung tertarik dan terpikat, style bentuk bunga nya itu sob.....keren banget. Selain itu warna angrek bulan yang segar di lihat mata juga daya tambah dalam penilaian saya.  

angrek bulan

Setelah beberapa tahun merawat angrek bulan, entah kenapa angrek bulan yang saya beli sulit sekali untuk berbunga. Kalaupun berbunga biasanya tak lama kemudian akan layu dan akhirnya rontok. Padahal berdasarkan keterangan si penjual tuh angrek bulan bisa berbunga dengan durasi yang cukup lama. Akhirnya saya pun berusaha mengumpulkan beberapa referensi untuk memperbaiki perawatan bunga angrek bulan saya. Dan hasilnya lumayan memuaskan.

Dan kali ini saya akan berbagi referensi tersebut untuk sobat semua, semoga bisa bermanfaat.

Menurut Hadi Iswanto, umumnya anggrek memiliki kelembaban nisbi (ratio humidity) cukup tinggi, yaitu 60 sampai 80 persen. Meski begitu, tanaman berbunga indah ini tak menyukai udara yang kelewat basah. Kondisi udara yang terlalu lembab justru jadi pemicu munculnya penyakit busuk tunas dan daun. Anggrek bulan tumbuh bagus bersuhu 13 derajat Celcius sampai 18 derajat Celcius pada malam hari dan 18 derajat Celcius sampai 21 derajat Celcius (siang).

Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) adalah salah satu bunga nasional Indonesia. Pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani Belanda, Dr. C.L. Blume. Anggrek bulan termasuk dalam tanaman anggrek monopodial yang menyukai sedikit cahaya matahari sebagai penunjang hidupnya. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk memanjang. Akar-akarnya berwarna putih dan berbentuk bulat memanjang serta terasa berdaging. Bunganya memiliki sedikit keharuman dan waktu mekar yang lama serta dapat tumbuh hingga diameter 10 cm lebih.

Untuk mempercepat pembungaan anggrek bulan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Sebut saja dari perawatan sepanjang hari, pengaturan suhu rendah, pemberian zat pengatur tumbuh dan pengaturan intensitas cahaya.

Perawatan angrek bulan
Kelembaban udara juga akan mempengaruhi tanaman anggrek rajin berbunga. Agar anggrek rajin berbunga dibutuhkan kelembaban antara 60 – 80 %. Agar kelembaban tetap terjaga dibawah rak bisa dibikin kolam atau dibuat kabut didalam rumah lindung dengan cara pemasangan sprinkle.

Media tanam. Media tanam yang ideal untuk membuat anggrek rajin berbunga tersusun 2 bagian. 1/3 bagian bawah diisi dengan potongan batu bata dan 2/3 sisanya pake pakis.

Konstruksi pot. Pot juga sangat mempengaruhi dalam tanaman anggrek agar rajin berbunga. Yang paling ideal pot yang dipakai adalah pot yang terbuat dari tanah liat dan banyak lobangnya.

Penyiraman. Agar anggrek rajin berbunga sangat perlu diperhatikan masalah kandungan air dari medianya. Jika cuaca panas diperlukan penyiraman 2 kali dan jika cuaca hujan tidak perlu melalukan penyiraman. Yang sangat perlu diperhatikan adalah kadar air media. Waktu penyiraman yang ideal adalah jam 07 – 09 pagi dan jam 03 – 05 sore.

Pemupukan. Kunci utama pemupukan agar anggrek rajin berbunga adalah pemberian pupuk dengan kandungan unsur hara P yang tinggi. Pemupukan bisa diberikan melalui penyemprotan/ penyiraman bisa juga menggunakan pupuk slow rilis yang ditaburkan pada media tanam anggrek.

Pemberian ZPT atau Hormon. Untuk membuat anggrek rajin berbunga kadang diperlukan pemberian ZPT atau hormon. Yang bisa digunakan untuk memacu pembungaan anggrek adalah Giberelin. Bisa juga digunakan air kelapa dengan konsentrasi 15 % (150 ml air kelapa dibuat larutan semprot 1 liter).

Pengendalian hama dan penyakit. Seperti tanaman lain anggrek juga takan luput dari serangan hama dan penyakit. Pengamatan setiap hari adalah cara paling tepat untuk mencegah serangan hama dan penyakit anggrek. Untuk membuat anggrek rajin berbunga tanaman anggrek harus dibersihkan dari kotoran, gulma dan daun-daun busuk. Penggunaan insektisida jika terserang hama, fungisida jika terserang jamur dan bakterisida jika terserang bakteri.

Dari berbagai informasi yang ada jenis angrek bulan yang paling di cari adalah angrek bulan yang berwarna biru. Jika dicermati memang angrek bulan yang warna biru terlihat lebih eksotis dan lebih indah. Hampir keseluruhan bunga di tutup oleh warna biru kinclong yang enak di lihat mata.




0 komentar:

Post a Comment