Bonsai kelapa


    Seperti yang telah kita ketahui bahwa pohon kelapa merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki makna khusus bagi manusia. Hampir seluruh bagian dari pohon Kelapa dapat diolah menjadi sesuatu baik itu berupa makan maupun kerajinan tangan bahkan sebagai bahan material bangunan rumah. Sehingga tak salah jika beberapa daerah atau organisasi menjadi pohon kelapa sebagai ikon utama yang memiliki makna tersendiri. Bagi sebagian besar suku di indonesia pohon kelapa bahkan selalu menjadi bahan utama dalam upacara-upacara adat tertentu.
    bonsai kelapa

    Jika kita bicara terkait dengan berbagai kegunaan pohon kelapa, ternyata pohon kelapa juga bisa di buat sebagai bonsai, bahkan keindahan dari bonsai kelapa juga tak kalah saing dengan jenis-jenis bonsai yang lainnya. Indah bentuk daunnya, liukan pangkal batang yang menawan serta ukurannya yang mini, membuat bonsai kelapa memiliki karakter nya tersendiri.

    Cara Membuat bonsai kelapa
    Cara membuat bonsai kelapa tak jauh berbeda dengan cara membuat bonsai yang lainnya hanya saja pada proses pembentukan daun sedikit berbeda. Berikut ini adalah cara membuat bonsai kelapa

  1. Pemilihan bahan Bonsai
  2. Pilihlah bahan bonsai yang sesuai dengan selera anda. Untuk mendapatkan bahan bonsai kelapa, kita bisa hunting di daerah-daerah atau lokasi yang memang merupakan kebun kelapa. Biasanya dibawah-bawah sekitar areal kebun kelapa terdapat pohon kelapa yang baru tumbuh. Nah itulah bahan dari bonsai kelapa yang akan di buat sebagai bonsai. Saya pribadi lebih suka dengan bahan bonsai kelapa yang sudah lumayan besar kira-kira tingginya 1m, dengan bentuk pangkal batang yang tidur di tanah.biasanya bahan bonsai kelapa yang tidur di tanah, memiliki bonggol yang besar seperti palem botol tapi memiliki liukan batang. Cakep sob.... Perhatikan juga bentuk pangkal batangnya semakin besar pangkalnya maka akan semakin indah.
  3. Proses Menanam bonsai kelapa
  4. Keberhasilan Pada proses Menanam bonsai kelapa ini terletak pada perlakuan yang kita berikan. Upayakan untuk tidak menanam langsung bahan bonsai kelapa ke dalam Pot karena bisa mengakibatkan kematian pada bahan bonsai kelapa. Buatlah lubang pada tanah kemudian lapisi dengan karung baru bahan bonsai ditanam. Setelah bahan bonsai kelapa benar-benar hidup, barulah angkat bahan kemudian  letakkan di pot. Biarkan beberapa bulan sampai bahan bonsai benar-benar hidup. Lakukan penyiraman secara teratur pada pagi hari dan malam hari. Setelah kita yakin bahwa bonsai tersebut hidup barulah kita lakukan proses Pembentukan bonsai kelapa.
  5. Proses Membentuk Bahan bonsai kelapa
  6. Poses pembentukan pertama yaitu proses pengkerdilan, lakukan pemotongan pada dahan pohon kelapa  sampai ukuran dahan yang sesuai dengan keinginan. Setelah itu barulah membentuk batang, untuk membentuk batang pohon kelapa dengan liukan ikuti kaedah biologi  yaitu dengan memposisikan tunas menghindari matahari maka secara alami tunas akan mengejar arah matahari. Lewat proses itulah maka terbentuklah liukan-liukan dari pohon kelapa. Bagi yang hobi dengan bonsai kelapa dangan batoknya, Hati-hati saat memindahkan atau meng-amplas batok kelapa karena rentan sekali terlepas dari pohonnya.
  7. Proses Akhir
  8. Letakan bonsai kelapa pada Pot yang sesuai kemudian posisikan pada daerah yang memiliki intensitas sinar matahari yang cukup. Lakukan penyiraman secara teratur. Ada info sedikit nih sob.... Jangan menyiram bonsai pada siang hari, air yang terserap pada tanah didalam pot pada siang hari dapat memanaskan air di dalam pot. Air yang panas itulah yang merusak akar bahan bonsai. Hal ini dapat mengakibatkan kematian bahan bonsai.  Berbeda dengan tanah di alam bebas, tanah di dalam pot sangatlah sedikit dan lebih cepat merespon keadaan suhu di sekitarnya.

    Selamat mencoba ya... Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Post a Comment