Cara membuat bonsai serut bentuk botol

Bagi para penghobi bonsai, nilai-nilai filosofi serta keindahan bonsai tentu lebih berarti ketimbang harga bonsai itu sendiri. Hampir setiap penghobi bonsai, paling tidak memiliki satu bonsai kesayangan yang tidak terikat pada nilai kompetisi ataupun kriteria-kriteria bonsai tertentu. Hal ini mungkin bisa disebut sebagai kebebasan ber ekspresi dalam berhobi bonsai. 

Nah...sobat sekalian, kebebasan berekspresi itulah yang pada akhirnya melahirkan bonsai-bonsai unik dan berkelas. Dari sini pula lahir tipikal bonsai yang beraneka bentuk, seperti bentuk-bentuk hewan, bentuk-bentuk pemandangan, ataupun bentuk lainnya yang memang unik.

Terkait dengan hal tersebut penulis punya satu jenis bonsai yang bisa dibilang unik, yaitu bonsai serut berbentuk botol. Gaya bonsai ini berbeda dengan gaya bonsai pada umumnya. Jika bonsai umumnya fokus pada bentuk penataan daun, ataupun bentuk akar, jauh berbeda dengan bonsai saya yang satu ini. 

bonsai serut bentuk botol

Banyak teman-teman sesama penghobi bonsai, pada awalnya tidak begitu tertarik pada bonsai saya yang satu ini. Tapi lama-kelamaan ternyata mereka suka juga. hehehehehe. bahkan ada juga teman-teman yang sengaja buat bonsai seperti ini tapi pada akhirnya nyerah juga. 

Terlihat Simpel dengan gaya seadanya tetapi unik, mungkin inilah yang membuat bonsai ini terlihat menarik. Tapi tau gak sob.....bahwa sebenarnya bonsai ini buatnya mudah banget. Bahkan mungkin yang sudah biasa hunting bisa dengan mudah membuat bonsai ini.

Cara membuat bonsai serut bentuk botol
1. Sobat hunting di hutan carilah bahan bonsai serut yang memiliki batang besar tetapi akarnya tunjang nya kecil.
2. sebisa mungkin untuk mendapatkan bahan serut yang akar tunjang nya se- kecil mungkin.
3. Kalo sobat udah dapat, pangkas semua rantingnya dan potong batangnya di pangkal. 
4. Setelah itu tanamlah bahan tersebut dengan posisi terbalik, batang jadi akar--akar jadi batang.
5. Tunggu hingga keluar tunas baru. Jadi deh bonsai serut botol nya

jadi yang sobat lihat di foto itu, posisi batang itu sebenarnya adalah akar tunjangnya. 

semoga bermanfaat ya. jangan lupa untuk berkomentar ya.




Comments

Popular Posts