Cemara udang


Cemara udang
Tumbuhan dengan nama ilmiah casuarina equisetifolia ini sangat familiar di indonesia. Sangat lazim di sebut sebagai cemara udang karena gaya tumbuhnya yang cenderung meliuk meskipun sudah tumbuh bertahun-tahun lamanya. Ranting kecil dan daun nya yang berbentuk jarum menambah keindahan pohon ini. Warna batang yang gelap sangat menonjolkan kesan tua pada pohon ini.
Gaya tumbuh yang natural dari cemara udang ini membuat para penghobi banyak yang menyukai nya. Apalagi jika dipadankan dengan tumbuhan seperti katis kodok, lili paris, dan Miranda palm.

cemara udang

Cemara udang sebagai bonsai
Sebagai bonsai tentu saja tak perlu di ragukan lagi. Hampir sebagian besar bonsai-bonsai terkenal merupakan pohon cemara udang. Di banding dengan cemara udang yang diposisikan untuk taman, membentuk cemara udang yang akan dijadikan bonsai relatif lebih sulit. Banyak sekali treatment yang harus dilakukan yang pada intinya adalah menghasilkan bonsai cemara udang yang berkualitas tinggi. Sehingga tak heran bila harga bonsai cemara udang bisa mecapai angka yang fantastis dipasaran.

Cemara udang sebagai penghias taman
cemara udang selalu saja cocok di letakkan di taman apapun. Tak hanya taman-taman besar saja bahkan taman minimalis dengan cemara udang sebagai pohon yang dominan pun akan terlihat indah dipandang. Aura cemara udang yang khas akan keluar jika dipadankan dengan kolam ikan koi.

Perawatan cemara udang
Menanam cemara udang bisa dilakukan di dalam pot dan juga bisa langsung di dalam tanah. Menanam Cemara Udang langsung di dalam tanah akan lebih cepat tumbuh besar dan berkembang. Tanah harus cukup subur dan diberikan pupuk kandang terlebih dahulu. Sebelum tumbuh besar, sebaiknya tanaman Cemara udang diliarkan akar batang besar, baru dibentuk sesuai dengan yang dikehendaki.

Berikut beberapa langkah merawat Cemara Udang:
- Gunakan serutan kayu untuk media tnam Cemara Udang di dalam pot.
- Lakukan penyiraman air pada Pagi dan sore.
-   Setiap hari pot diperiksa agar tidak dihuni rayap
-   Bersihkan daun-daun dari sarang laba-laba
-   Berikan pupuk NPK untuk menyuburkan pertumbuhan daun dan batang
-   Penyemprotan pestisida dilakukan seminggu sekali
-   Cegah serangan kutu daun dan batang dengan menyemprotkan pestisida sebulan sekali
-   Setiap bulan potong daunnya untuk meratakan pertumbuhannya
-     Pemberian pupuk kandang jangan berlebihan

Comments

  1. Gan pemangkasan akar atau penggantian tanah untuk bonsai cemara udang bagusnya setiap kapan aja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk penggantian tanah sebaiknya sesuaikan dengan tingkat kesuburan tanah. seandainya diperkirakan tanahnya sudah sangat buruk barulah di ganti. untuk pemangkasan akar juga demikian. pemangkasan akar termasuk hal yang rentan. sebaiknya pemangkasan akar dilakukan hanya dalam kondisi pemindahan pot saja. jika tidak dipindah pot sebaiknya akar tidak dipangkas. semoga bermanfaat.

      Delete
  2. bonsai cemara udang memang sangat cocok untuk dijadikan tanaman favorit disamping kecantikannya juga bentuknya yang unik. terimakasih infonya..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts