Media Menanam Bonsai

Media tanam atau tempat menanam bonsai merupakan tanah campuran. Penulis sendiri biasanya menanam dengan media tanam yang terdiri dari humus, tanah berpasir dan sekam. untuk perbandingannya biasanya penulis menggunakan perbandingan 1:1:1 untuk humus, tanah berpasir dan sekam. anda bisa menggunakan takaran perbandingan tersebut sesuai dengan luas pot yang akan digunakan. untuk ukuran takaran bisa menggunakan kaleng susu atau kaleng cat.
selain campuran diatas tadi anda boleh bereksperimen sediri yang sesuai dengan kebutuhan. yang penting adalah skala prioritas bonsai yang ingin anda capai. artinya bahwa jika anda menginginkan tipe bonsai yang super kerdil, maka komposisi humus dapat di hilangkan, dan diganti dengan tanah biasa. tetapi jika anda menginginkan bonsai yang memiliki bunga dan buah berarti komposisi diatas dapat di tambah pupuk organik atau pupuk pabrik secukupnya untuk merawat bonsai tersebut.

selain media diatas, beberapa bonsai unik bahkan mengunakan media yang khusus seperti hidroponik yaitu menanam bonsai dengan media air atau aquaponik yaitu bonsai di tanam dalam pot yang berbentuk aquarium lengkap dengan ikan di dalam nya. khusus untuk angrek biasanya media tanam yang digunakan adalah arang yang dicampur dengan tanah humus.



0 komentar:

Post a Comment