Bonsai bougenville


Kembang Bougenville memang sudah sangat populer sejak zaman dahulu. Didesa-desa kembang ini masih sangat populer sebagai penghias halaman rumah. Warna-warni bunga bougenville memang menyejukan pandangan mata. Dan ternyata kembang yang lazim disebut sebagai kembang kertas ini juga bisa di buat bonsai loh...tipe bunga nya yang identik sekali seperti kertas tentu menambah eksotisme dari keindahan bonsai. Di indonesia sendiri, Bougenvile lebih banyak di fungsikan sebagai penghias taman, padahal jika kembang bougenville ini di buat bonsai keren banget sob....
Style batangnya yang memang berkarakter tua serta warna bunga bougenville yang bervariatif ternyata memberi cita rasa tersendiri bagi para pecinta bonsai. Warna warni seperti ungu, putih, merah, kuning bahkan ada yang satu bunga dengan banyak kombinasi warna. Wahhhhh keren deh pokoknya. 
bonsai bougenville

Perawatannya juga gampang, tak membutuhkan saat yang lama lantaran spesies tumbuhan ini sangat cocok ditanam di lokasi beriklim tropis serta khatulistiwa seperti negara kita serta dapat tumbuh sampai 10 m tingginya. Batang tanaman bunga bougenville ini agak keras, memiliki duri yang tajam serta bercabang-cabang. Perkembang biakannya juga cuma membutuhkan keratan batang yang disemai didalam bungkus plastik maupun pot lewat cara gampang. Diluar itu, tanaman ini dapat memiliki sulur yang rapat, daun yang lebar serta berupa bujur tirus yang dapat membuat rimbunan pokok di lokasi halaman rumah.
bonsai kembang kertas

Bagian yang tersulit dalam membuat bonsai bougenville adalah mengkondisikan bunga pada satu gerombolan yang padat. Hal ini dikarenakan pada habitat aslinya kembang bougenville ini berbunga dengan jarak yang cukup jauh pada sulur-sulur yang panjang. Kesulitan lainnya adalah bunga ini bukanlah tanaman yang biasa tumbuh liar di alam bebas sehingga cukup sulit mendapatkan bahan bonsai jenis ini. Alternatif lainnya ya hanya dengan membeli kembang-kembang bougenville di desa-desa yang memang sengaja menanam kembang ini. Walaupun kembang ini mudah di budidayakan tapi cukup sulit untuk mendapatkan bentuk akar dan bentuk batang yang besar dan eksotis.

0 komentar:

Post a Comment