Bonsai Buah anggur

Bonsai buah dapat di definisikan sebagai bonsai yang bahan/bakalan nya dari jenis tumbuhan buah-buahan. Hanya saja dalam hal ini beberapa penghobi ada yang menafsirkan berbeda. ada yang mengartikan bonsai buah adalah bonsai yang bisa berbuah, jadi meskipun bakalan bonsainya dari buah-buahan, tetapi bila tidak berbuah maka tidak bisa disebut sebagai bonsai buah. tapi what ever lah......berbeda pandangan sah-sah saja. 

Seperti yang kita tahu, di indonesia para penghobi sangat akrab dengan bonsai bahan wuni sebagai bonsai buah. kita juga mengenal bonsai jambu klutuk, bonsai asem atau bahkan bonsai kawista. Tetapi ada satu nieh sob yang memang terbilang unik dan khas banget,Yaitu bonsai anggur.

bonsai buah anggur
Tumbuhan jenis buah anggur merupakan tumbuhan merambat yang terbilang sulit untuk di bonsai. Bahkan mungkin untuk bisa menampilkan full karakter bonsai nya sekaligus buah nya anggur, tentu tantangan tersendiri.

Sekilas tentang pohon anggur
Tumbuhan anggur termasuk dalam jenis tumbuhan merambat dan masuk dalam keluarga vitaceae. Khasiat buah anggur sangat baik untuk sistem metabolisme tubuh. hal ini dikarenakan buah anggur mengandung semacam polifenol yang berperan dalam metabolisme tubuh. awal nya tumbuhan ini di tanam di timur tengah 4000 SM. pada perkembangan selanjutnya buah anggur lebih banyak diolah untuk dijadikan minuman anggur. di masa-masa berikutnya berkat colombus yang membawa serta anggur di setiap perjalanan nya. akhirnya anggur di kenal secara luas di seluruh benua.

Berbeda dengan jenis tumbuhan lainnya, pohon anggur lebih suka dengan iklim panas serta intensitas sinar matahari yang tinggi. Karakter inilah yang kemudian membuat pohon anggur cocok dengan karakter bonsai. hanya saja memang kesulitan terbesar adalah karakter merambatnya saja. sehingga pemilihan bahan bonsai anggur terbaik ya...mau tidak mau...yang sudah berumur tua.

ada yang berani mencoba........

Comments

Popular Posts