Bonsai Seribu bintang

Bonsai seribu bintang adalah salah satu jenis bonsai kesukaan saya. Ketika era bonsai santigi mulai trend, jenis seribu bintang pun ikut trend di daerah kami. Soalnya ketika hunting santigi di tepian pantai, sekaligus hunting seribu bintang. Bahkan untuk teman-teman yang gak betah motong pohon santigi, ya biasanya justru ngambil bahan seribu bintang.

bonsai seribu bintang


Kelebihan bonsai seribu bintang
Kelebihan bonsai dari jenis bahan seribu bintang adalah pada bentuk akar dan bentuk batang yang terbilang ekstrim dan unik. Struktur kulit batang juga terlihat tua, terlebih lagi daya tahan bahan seribu bintang sangat kuat dengan berbagai kondisi tanah. Salah satu yang saya suka adalah daya tumbuhnya itu loh...bahan bonsai seribu bintang cepat sekali tumbuh tunas. Hanya dalam hitungan beberapa hari saja, bonsai seribu bintang ini sudah tumbuh tunas di sekujur batang nya. 

Kelemahan bonsai seribu bintang
Titik lemah bonsai seribu bintang terletak pada bentuk daunnya yang besar dan mudah sekali tumbuh. Meskipun media tanam nya sudah kita press se minim mungkin tetap saja belum bisa menghasilkan daun kecil yang maksimal. 

Kadangkala, untuk mensiasati hal tersebut saya beserta teman-teman, sengaja setting bahan bonsai dengan ukuran agak besar. Hal ini dimaksudkan agar kelak bonsai seribu bintang, ukuran daunnya bisa sesuai dengan ukuran batang nya. Bonsai seribu bintang ini nama latinnya adalah serissa foetida. Tanaman ini biasanya sangat mudah di temui di daerah-daerah tepi pantai berpasir. 

Sebab itulah disaat hunting santigi di daerah pantai kami juga biasanya sekaligus hunting seribu bintang. Untuk daerah lampung, tepian pantai mutun biasanya banyak sekali jenis bahan seribu bintang. 

sumber gambar: bonsaiar41.blogspot.com


Comments

Popular Posts