Pot bonsai indah


    Pot Bonsai adalah tempat yang terbuat dari tanah liat, plastik, semen atau keramik sebagai tempat hidup bonsai. Keberadaan pot bonsai sama penting nya dengan bonsai itu sendiri. Bagi beberapa penghobi bahkan pot bonsai dipercaya membawa hoki bagi bonsainya untuk menjuarai kompetisi-kompetisi bonsai.

    Sehingga tak salah bila para penghobi tak hanya fokus untuk menata bonsai tetapi juga fokus pada bentuk dan tampilan pot bonsai sebagai pengiringnya. Terkait dengan hal tersebut, dibawah ini penulis sengaja menampilkan beberapa aneka jenis pot bonsai yang lazim dipakai oleh para penghobi sebagai pot kesayangan mereka.

  1. Pot bonsai berbentuk oval
  2. Pot bonsai oval merupakan jenis pot yang paling banyak dan paling sering digunakan oleh para penghobi bonsai. Hal ini dikarenakan pot berbentuk oval bisa menyelaraskan bentuk bonsai secara keseluruhan terutama pada bagian batang yang berkelok-kelok dengan bentuk daun seperti gunung. Sehingga jika di display maka akan terlihat selaras dan serasi.
    pot bonsai oval


  3. Pot bonsai berbentuk Persegi panjang/kotak
  4. Sama seperti pot yang berbentuk oval, penggunaan pot berbentuk persegi panjang atau kotak sebenarnya tak jauh berbeda. Bergantung ke selera masing-masing saja, hanya saja biasanya penggunaan pot berbentuk kotak digunakan untuk lebih mempertegas tampilan batang bonsai agar kelihatan lebih kokoh.
    pot bonsai kotak


  5. Pot bonsai berbentuk bulat/lingkaran
  6. Untuk pot yang berbentuk bulat/lingkaran sebenarnya adalah pot yang jarang digunakan oleh para penghobi. Hal ini dikarenakan pot berbentuk bulat/lingkaran harus sesuai karakter bonsai tertentu saja.

    pot bonsai kotak

  7. Pot bonsai hexagonal (segienam)
  8. Pot bonsai hexagonal atau segienam biasanya ukurannya lumayan besar dengan daya tampung tanah yang besar pula. Pot hexagonal digunakan untuk bonsai yang besar dan gagah.
    pot bonsai segienam

  9. Pot bonsai berbentuk abstrak
  10. Pot bonsai berbentuk abstrak biasanya digunakan untuk beberapa jenis bonsai yang memang ingin menonjolkan keunikan dari karakter bonsai itu sendiri. Sesuai dengan namanya yang abstrak, pot jenis ini memiliki bentuk yang beragam tergantung dari kreatifitas dari pembuatnya. Terkadang tak hanya bentuk nya saja, pot jenis ini juga biasanya diambil dari bahan- bahan alami yang ada di alam seperti kayu, batu, batok kelapa atau terumbu karang yang memang bisa menampung tanah cukup banyak.

    pot bonsai abstrak

  11. Pot bonsai tinggi
  12. Seperti namanya pot bonsai jenis ini ukurannya lumayan tinggi. Biasanya pot jenis ini digunakan untuk bonsai yang terjun ke bawah, atau berbentuk cascade.

    pot bonsai abstrak




0 komentar:

Post a Comment